dinas pendidikan kebudayaan polewali mandarSejarah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Polewali Mandar tidak terlepas dari sejarah berdirinya Kabupaten Polewali Mandar. sejak tahun 1960 sebelum dinamai Polewali Mandar, dulunya daerah ini bernama Kabupaten Polewali Mamasa disingkat Polmas yang secara administratif berada dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, saat itu dinas pendidikan adalah instansi vertikal sebagai kantor dapartemen pendidikan dan kebudayaan kabupaten polewali mamasa yang dibawahi oleh kantor wilayah dapartemen pendidikan dan kebudayaan provinsi sulawesi selatan.
Setelah daerah ini dimekarkan dengan berdirinya Kabupaten Mamasa sebagai kabupaten tersendiri, maka nama Polewali Mamasa pun diganti menjadi Kabupaten Polewali Mandar. Nama ini resmi digunakan dalam proses administrasi pemerintahan sejak tanggal 1 Januari 2006 setelah ditetapkan dalam bentuk PP No. 74 Tahun 2005, tanggal 27 Desember 2005 tentang perubahan nama Kabupaten Polewali Mamasa menjadi Kabupaten Polewali Mandar.
Dengan digulirkannya era otonomi daerah sebagai respons terhadap proses reformasi yang terjadi pada sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang berubah dari sistem pemerintahan yang sentralistik ke desentralistik. Era otonomi daerah ditandai dengan diundangkannya UU No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No. 25 Tahun 1999 tentang perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Berdasarkan UU No. 22 Tahun 1999 wilayah NKRI dibagi dalam daerah Provinsi, kabupaten, dan daerah kota yang bersifat otonom, artinya daerah provinsi, kabupaten, dan daerah kota berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakasa sendiri berdasarkan aspirasi masarakat, dan masing – masing berdiri sendiri serta tidak mempunyai hubungan hierarki satu sama lain.
Berdasarkan UU No. 22 Tahun 1999 pasal 11 bidang pendidikan merupakan salah satu bidang pemerintah yang wajib dilaksanakan oleh daerah kabupaten dan daerah kota. Karena itu  Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar membentuk perangkat daerah yang disebut Dinas Pendidikan sebagai unsur pelaksanaan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dalam bidang pendidikan. Dinas ini dipimpin oleh Kepala Dinas Pendidikan yang diangkat oleh Bupati Polewali Mandar. Kepala Dinas Pendidikan  bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Perubahan nomenklatur di kementerian pendidikan menjadikan dinas ini juga beberapa kali mengalami perubahan nama, tahun 2014 berubah nama menjadi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, dan baru pada tahun 2017 kembali menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Alamat Kantor

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar sebelumnya berkantor di jalan Pancasila komp. Pekkabata Kel. Pekkabata Kec. Polewali, kantor tesebut merupakan kantor pertama depdikbud Polewali Mamasa yang diresmikan pada tahun 1975 oleh Kakanwil depdikbud Provinsi sulawesi selatan pada waktu itu yakni bapak Drs. A.Abu Bakar Punagi, namun sejak tahun 2015 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar pindah ke Kantor baru yang beralamat di Jalan Pameran Link. Batu-batu Kelurahan Darma Kecamatan Polewali Kab. Polewali Mandar
kantor lama disdikbud polman
Foto bertanggal 27 oktober 1975 ” Peresmian Kantor depdikbud Kab. Polmas ” tampak yang memempin upacara adalah kakanwil depdikbud provinsi sulawesi selatan Drs. A. Abu Bakar Punagi
kantor lama disdikbud polman
Kantor Lama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Pekkabata Polewali

kantor baru didikbud Polman

Kantor Baru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Darma Polewali.